Thursday 29th September 2016

Warga Desa Sungai Cemara Dambakan Jalan dan Jembatan

LAPUK - Beberapa jembatan di Desa Sungai Cemara, kondisinya memprihatinkan. Beberapa jembatan terbuat dari kayu sudah lapuk dimakan usia.

LAPUK – Beberapa jembatan di Desa Sungai Cemara, kondisinya memprihatinkan. Beberapa jembatan terbuat dari kayu sudah lapuk dimakan usia.

MUARASABAK, JO.COM – Kondisi infrastruktur Desa Sungai Cemar‎a masih jauh dari kondisi menggembirakan. Bahkan Desa Sungai Cemara bisa dikategorikan desa terpencil. Pasalnya, desa ini masih sulit dijangkau baik dengan jalur transportasi laut maupun darat.

Hal ini disampaikan oleh Kepala desa Sungai Cemara, Agus Tamin dalam diskusi bersama bupati Tanjab Timur, H. Romi Haryanto dalam kesempatan acara Hari Ulang Tahun Desa Sungai Cemara. Dikatakannya, kondisi jalan di sungai cemara masih sulit dilalui kendaraan pada saat musim hujan.

“Kalau hujan licin, tidak bisa dilewati, kalau kemarau berdebu,” ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, infrastruktur jembatan juga masih jauh dari kata baik. Beberapa jembatan yang terbuat dari kayu bahkan sudah lapuk dimakan usia. Tidak jarang warga terpaksa swadaya memperbaiki jembatan yang mengalami kerusakan. “Kalau tidak diperbaiki tidak bisa dilewati,” katanya. Akibat kondisi ini, warga seringkali mengalami kesulitan untuk mengangkut hasil pertanian.‎

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur berencana akan membangun kantor UPTD Pekerjaan Umum (PU) di Desa Sungai Cemara. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Tanjung Jabung Timur H Romi Hariyanto.‎ Pembangunan kantor UPTD PU menurut Bupati tujuannya untuk mempercepat pembangunan. dengan artian saat ada kendala terkait infrastruktur di desa atau pun di Kecamatan melalui UPTD PU dapat langsung melaksanakan tanpa proses panjang.

“Pengawasan juga diharapkan akan lebih baik dengan adanya UPTD PU,” ujar Bupati.

Selain akan membangun UPTD PU pemkab juga akan menempatkan alat berat berupa buldozer multi fungsi,mobil dan truk. yang nantinya akan digunakan perbaikan akses jalan desa sungai cemara. “Pengerjaannya sistem swakelola jadi tidak pakai rekanan,” pungkasnya. (waf)‎