Thursday 29th September 2016

Empat Kades Terancam Tidak Dilantik Diduga Money Politic

Ilustrasi

Ilustrasi

KUALATUNGKAL, JO.COM – Empat dari 45 desa yang menggelar Pilkades serentak 19 mei lalu, akhirnya mengajukan gugatan atas hasil pilkades .

Pasalnya, keempat desa tersebut yakni Desa Pematang Lumut, Desa Tanjung Bojo, Desa Taman Raja dan Desa Teluk Ketapang, menyatakan tidak puas terkait DPT, dan dugaan adanya praktek money politics (Politik Uang, red).

Agoes Mamun, kabag pemdes, membenarkan terkait adanya masalah gugatan keberatan terhadap hasil Pilkades yang diajukan empat desa tersebut.

“Empat desa ini mengajukan keberatan dengan Pemenang sebagai teradu. Suratnya sudah sampai ke Bupati,” bebernya, kemarin (9/6).

Dijelaskannya keempat desa itu mengajukan gugatan dengan dua pokok permasalahan yaitu penetapan DPT dan dugaan politik uang

“Desa Pematang Lumut dan Tanjung Bojo soal DPT. Sedangkan Desa Taman Raja dan Desa Teluk Ketapang soal dugaan adanya politik uang,” paparnya.

Mengenai jadwal pelantikan Kepala Desa terpilih, lanjut Agoes, rencananya akan dilaksanakan secara serentak Pada 16 Juni mendatang.

Para Kades terpilih nantinya akan dilantik secara serentak oleh Bupati Tanjabar DR Ir H Safrial MS di Ruang Balai Pertemuan Kantor Bupati.

“Bagi yang tidak bermasalah pasti dilantik, sedangkan untuk desa yang bermasalah kita lihat dulu,” ujar Agoes.

Untuk desa yang masih bermasalah pelantikannya masih menunggu keputusan selanjutnya.

“Karena untuk membuat suatu keputusan harus ada dasarnya, karena di ketentuan belum dijelaskan sanksi tentang pelanggaran yang dilakukan,” tandasnya. (mjl).