Monday 13th June 2016

Proyek IPA PDAM Tirta Batanghari Rampung Pada 2017

MUARABULIAN, JO.COM – Proyek pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA), jembatan intek, pipa transmisi dan distribusi dari dana pemerintah pusat untuk PDAM Tirta Batanghari sudah dimulai.

Direncanakan proyek ini dikerjakan selama dua tahun, 2016 dan 2017. Tahun ini di samping kantor PDAM Tirta Batanghari dibangun IPA dan jembatan intek di Desa Pasar Terusan dan pembangunan IPA di Mersam.

Direktur PDAM Tirta Batanghari, M Siddik, mengatakan, pembangunan IPA Mersam sudah berjalan 50 persen, sementara di Pasar Terusan mencapai 80 persen. Untuk IPA di samping kantor PDAM, sudah penanaman tiang pancang.

“Setelah IPA selesai, akan dilakukan uji coba distribusi air memanfaatkan bak lama dengan kapasitas 300 M3. Pembangunan bak resevoir berkapasitas 1.250 M3 akan dilakukan tahun 2017,” ujarnya.

Dirincikan dia, tahun 2016 cukup banyak anggaran digelontorkan, baik melalui APBN, APBD Provinsi maupun Kabupaten. Bantuan dari APBN sebesar Rp 33 miliar, APBD provinsi Rp 7 miliar dan APBD kabupaten Rp 5,1 miliar.

“Dari APBN, selain uang juga diberikan bantuan tiga jembatan intek, pipa transmisi dan distribusi. Diperkirakan total bantuan pusat Rp 78,3 miliar,” ungkapnya.

IPA Muara Bulian akan dibangun berkapasitas 150 liter/detik, sedangkan IPA Mersam berkapasitas 20 liter/detik. Diharapkan dengan penambahan kapasitas air ini jumlah pelanggan bisa bertambah dan semua teraliri dengan baik. Saat ini air bersih PDAM Tirta Batanghari dihargai Rp 2.100 per meterkubik. (mjl)