Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Top Ad

//

Breaking News:

latest
www.shopedia.co.id

Tim Debat UNJA raih juara di Riau

Muaro Jambi. Empat Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) berhasil menjadi Juara Satu Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat W...


Muaro Jambi. Empat Mahasiswa Universitas Jambi (Unja) berhasil menjadi Juara Satu Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) Tingkat Wilayah X  yang diikuti oleh empat belas Perguruan Tinggi dan an Swasta dari empat Provinsi yaitu Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Riau, dan Riau  yang diadakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI)  dari tanggal 27-29 Juni 2019 di Pekan Baru Riau.

Mahasiswa yang meraih juara satu lomba KDMI yaitu Dewi Yunita Anggraini (FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia), Huriyah Padhilah Anasti (FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia), Joni Iskandar (FKIP bahasa dan sastra Indonesia 2016) dan Juang Junianto (Ilmu Hukum 2018).

Yunita salah satu tim debat KDMI mengatakan sangat bersyukur bisa meraih juara satu dan mengharumkan universitas Jambi ke tingkat wilayah.

“Saya sangat bersyukur bisa mendapatkan juara satu dilomba KDMI dan mengharumkan Unja di tingkat wilayah”, katanya.

Yuni menuturkan bahwa persiapan latihan untuk mengikuti lomba KDMI dimulai sejak diumukan terpilih sebagai perwakilan dari Universitas.

 “Persiapan latihannya sudah dari bulan Februari tetapi karena banyak dipotong libur semester jadi kami memaksimalkan latihan dua minggu sebelum keberangkatan”, kata Yunita saat di wawancarai oleh Humas Unja.

Dirinya juga mengungkapkan selain tim pembentukan dari Universitas dan mosi yang diberikan dari panitia hanya dua puluh menit sebelum perlombaan serta tidak diperbolehkan membawa handphone saat menyusun mosi menjadi tantangan tersendiri baginya.

“Mosi yang diberikan itu hanya dua puluh menit sebelum lomba kemudian tanpa adanya tema yang diberikan dalam bidang politik, ekonomi maupun lainnya”, ungkapnya

Terpisah Huriyah yang juga merupakan anggota tim debat KDMI mengatakan terjadi persaingan sengit saat perlombaan final melawan Stikes Printis Padang.

“Stikes Printis Padang sangat bagus sekali memaparkan argumentasinya serta terjadi perdebatan dalam interupsi yang dilakukan tim kontra”, katanya.

Huriyah juga menuturkan tidak menyangka bisa mendapatkan juara satu dalam perlombaan KDMI karena persaingan yang sengit antara universitas serta dewan juri yang dipilih merupakan panitia KDMI tingkat Nasional.

“Saya tidak menyangka bisa mendapatkan juara satu karena awalnnya persaingan sangat sengit, tetapi kami tetap optimis menang karena setiap selesai penampilan selalu melakukan evaluasi dari juri, dosen pendamping dan tim”, pungkasnya.

Tim yang akan dikirim untuk mengikuti KDMI tingkat Nasional adalah dua Tim dari Perguruan Tinggi Negeri Universitas Jambi dan Perguruan Tinggi Swasta Stikes Perintis Padang yang akan diadakan pada tanggal 15-19 Juli 2019 di Universitas Airlangga, Surabaya.

Sumber: unja

No comments

shopedia.co.id